Minggu, 24 Juni 2012

Anggur dalam Al-Qur’an


Anggur dalam Al-Qur’an
Oleh Nurun nihayah*
Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang sangat berperan penting dalam kehidupan didunia ini, telah kita ketahui bahwa dalam urutan rantai makanan tumbuhan berperan penting dalam rantai makanan makhluk hidup. Dengan satu cirinya yang tak dimiliki oleh makhluk hidup lainnya ialah dapat memproduksi makanan sendiri dan juga sebagai urutan pertama dan dasar dalam rantai makanan. Tumbuhan sangat bermacam-macam, dalam Al-Qur’an kitab suci umat islam yang telah ada sebelum berkembangnya ilmu pengetahuan telah menjelaskan tentang banyaknya tumbuhan didunia ini serta fungsi, cara mempertahankan hidup dan ciri-ciri yang dimiliki oleh setiap tumbuhan, Subhanalloh,,, Alloh berfirman dalam QS: Yunus(24):
إِنَّمَا مَثَلُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا كَمَاءٍ أَنْزَلْنَاهُ مِنَ السَّمَاءِ فَاخْتَلَطَ بِهِ نَبَاتُ الأرْضِ مِمَّا يَأْكُلُ النَّاسُ وَالأنْعَامُ حَتَّى إِذَا أَخَذَتِ الأرْضُ زُخْرُفَهَا وَازَّيَّنَتْ وَظَنَّ أَهْلُهَا أَنَّهُمْ قَادِرُونَ عَلَيْهَا أَتَاهَا أَمْرُنَا لَيْلا أَوْ نَهَارًا فَجَعَلْنَاهَا حَصِيدًا كَأَنْ لَمْ تَغْنَ بِالأمْسِ كَذَلِكَ نُفَصِّلُ الآيَاتِ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (٢٤)
24. Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air (hujan) yang Kami turunkan dan langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanam-tanaman bumi, di antaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya, dan pemilik-permliknya mengira bahwa mereka pasti menguasasinya, tiba-tiba datanglah kepadanya azab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanam-tanamannya) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang berfikir.
Pada ayat diatas telah dijelaskan bahwa tumbuhan merupakan produsen dalam rantai makanan yang dimakan oleh manusia dan hewan, serta dijelaskan pula makanan dari tumbuhan tersebut yaitu air. Air merupakan komponen yang didalamnya memiliki unsur-unsur hara dan kimia yang berperan penting dalam proses fotosintesis atau pembentukan makanan pada tumbuhan tersebut.
Isi dalam kitab suci Al-Qur’an terdapat beberapa tumbuhan yang dijelaskan secara tersirat salah satunya ialah anggur. Adapun ayat Al-Qur’an yang didalam terkandung kata anggur atau dalam bahasa Al-Qur’annya “عنب” jamaknya ” 5>$oYôãr&” 14 kali dalam Al-Qur’an. Salah satu ayat yang menjelaskan tentang buah Anggur ialah QS: Al-An’am`(99):
uqèdur üÏ%©!$# tAtRr& z`ÏB Ïä!$yJ¡¡9$# [ä!$tB $oYô_t÷zr'sù ¾ÏmÎ/ |N$t7tR Èe@ä. &äóÓx« $oYô_t÷zr'sù çm÷YÏB #ZŽÅØyz ßl̍øƒU çm÷YÏB ${6ym $Y6Å2#uŽtIB z`ÏBur È@÷¨Z9$# `ÏB $ygÏèù=sÛ ×b#uq÷ZÏ% ×puŠÏR#yŠ ;M»¨Yy_ur ô`ÏiB 5>$oYôãr& tbqçG÷ƒ¨9$#ur tb$¨B9$#ur $YgÎ6oKô±ãB uŽöxîur >mÎ7»t±tFãB 3 (#ÿrãÝàR$# 4n<Î) ÿ¾Ín̍yJrO !#sŒÎ) tyJøOr& ÿ¾ÏmÏè÷Ztƒur 4 ¨bÎ) Îû öNä3Ï9ºsŒ ;M»tƒUy 5Qöqs)Ïj9 tbqãZÏB÷sムÇÒÒÈ  
99. Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.
Dari ayat diatas disebutkan kebun-kebun anggur, tetapi terdapat pula kata “perhatikanlah buahnya diwaktu pohonnya berbuah dan kematangannya” maka dari sanalah kita akan mulai mengerti bagaimana cara mendeskribsikan ciri-ciri serta manfaat dari pohon anggur tersebut yaitu dengan cara pengamatan pada pohon tersebut sampai kebuahnya yang juga mencakup bijinya. Adapun deskribsi dari secara ilmiah yang telah dilakukan pengamatan pada tumbuhan ini ialah:
Kalasifikasi[i] :
Kingdom : Plantae
    Division: Magnoliophyta
        Class: Magnoliopsida
            Subclass : Rosidae
                 Order: Rhamnales
                      Family: Vitaceae
                          Genus: Vitis
                               Species: Vitis vinifera

Tanaman anggur jenis Vitis vinifera mempunyai ciri[ii]:

a) Kulit tipis, rasa manis dan segar.
b) Kemampuan tumbuh dari dataran rendah hingga 300 m dari permukaan laut
beriklim kering.

Al-Qur’an juga menyebutkan bahwa buah anggur bisa dimakan yang rasanya enak dan tumbuh dikebun-kebun yakni QS.Al-Mu’minuun:18-19

$uZø9tRr&ur z`ÏB Ïä!$yJ¡¡9$# Lä!$tB 9ys)Î/ çm»¨Ys3ór'sù Îû ÇÚöF{$# ( $¯RÎ)ur 4n?tã ¤U$ydsŒ ¾ÏmÎ/ tbrâÏ»s)s9 ÇÊÑÈ   $tRù't±Sr'sù /ä3s9 ¾ÏmÎ/ ;M»¨Zy_ `ÏiB 9@ŠÏƒ¯U 5=»uZôãr&ur ö/ä3©9 $pkŽÏù çmÏ.ºuqsù ×ouŽÏVx. $pk÷]ÏBur tbqè=ä.ù's? ÇÊÒÈ  
18. Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan Sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya.
19. Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan
Îûur ÇÚöF{$# ÓìsÜÏ% ÔNºuÈq»yftGB ×M»¨Zy_ur ô`ÏiB 5=»uZôãr& ×íöyur ×@ŠÏƒwUur ×b#uq÷ZϹ çŽöxîur 5b#uq÷ZϹ 4s+ó¡ç &ä!$yJÎ/ 7Ïnºur ã@ÅeÒxÿçRur $pk|Õ÷èt/ 4n?tã <Ù÷èt/ Îû È@à2W{$# 4 ¨bÎ) Îû šÏ9ºsŒ ;M»tƒUy 5Qöqs)Ïj9 šcqè=É)÷ètƒ ÇÍÈ  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar