Jumat, 14 September 2012

ilmuwan dan ilmiawan

mungkin kedua kata tersebut tidak asing pada kita, tapi banyak orang mengangap perbedaan keduanya ialah tentang EYD yang baik. keduanya merupakan ejaan yang sesuai aturan dalam berbahasa indonesia, bedanya ilmuwan merupakan ejaan yang baik pada waktu sekarang tetapi ilmiawan merupakan ejaan lama yang sudah dihapus oleh aturan bahasa saat ini. keduanya juga terdapat perbedaan yang signifikan dalam masalah arti dari ilmiawan dan ilmuwan.

perbedaan ilmuwan dan ilmiawan
-ilmuwan merupakan orang yang melakukan aktifitas mengumpulkan semua ilmu dan membandingkannya          antara satu ilmu dengan ilmu lainnya. ilmuwan ini sering berperan melalui teoritis.
- ilmiawan merupakan gelar untuk orang yang sudah menjadi ilmuwan dan sudah bisa mempraktekkan dikehidupan ilmu-ilmu yang telah diperolehnya.

dari perbedaan kata ilmuwan dan ilmiawan tersebut, pada abad ini. banyak yang bisa menjadi ilmuwan dibumi ini tapi sedikit jumlah orang akademisi menjadi ilmiawan didunia ini. padahal yang dibutuhkan didunia ini untuk memperoleh tujuan kesejahteraan masyarakat ialah dengan mengamalkan semua ilmu yang diperolehnya kedalam masyarakat. subchanallah.. jika para akademisi banyak yang menjadi ilmiawan dinegara indonesia ini. tidak akan menjadi negara yang dianggap remeh oleh negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar