Minggu, 24 Juni 2012

Caulerpa sertulariodes





Caulerpa sertulariodes


Deskripsi


Caulerpa sertulariodes merupakan alga dalam devisi chloropyta yang mempunyai morfologi; bercabang, terdapat sejenis bulu yang menutupi tubuhnya, dan tegak, tinggi 3 - 5 cm , terdapat stolon yang digunakan untuk menjulur atau merambat  dengan diameter  1 - 2mm , terdapat  rhizoids yang digunakan untuk menempel pada substrat dan digunakan menyerap nutrisi pada subtrat yang ditempeli. Terdapat  Branchlets atau cabang yang melekat pada pelepah, berbentuk sedikit melengkung ke atas dan meruncing di kedua dasar. Sedangkan Pelepah spesies ini  sedikit pipih, terdapat penampang oval, warna hijau muda-hijau tua.
Rhizoids diproduksi di ujung batang, kadang-kadang bercabang cabang dari stolons, yang menembus pasir dan dengan demikian tanaman penahan tegas.Tanaman yang coenocytic, yaitu, tanaman ini multinukleat dan nonseptate.
Spesies lain yang mirip berasal dari Hawaii ialah Caulerpa spesies, C. taxifolia. C. sertularioides yang lebih halus dan branchlets membentuk bulat, dibandingkan dengan branchlets C. taxifolia. Cabang-cabang yang meningkat juga lebih bulat ke arah apeks, dibandingkan dengan lebih sudut kuadrat-off cabang dari C. taxifolia.
Klasifikasi
Kingdom                Plantae
    Division                 Chlorophyta
        Class                       Ulvophyceae
            Order                       Bryopsidales
                   Family                     Caulerpaceae
                        Genus                      Caulerpa
                                Spesies                                 Caulerpa sertulariodes
Reproduksi

Thallus non-septate, coenocytic, dilapisi oleh trabekula merupakan perluasan dari dinding sel; reproduksi vegetatif dan seksual, anisogamous. Gamet dibebaskan melalui papila yang berkembang pada daun.

Habitat
Makroalga ini hidup diberbagai macam tempat diantaranya ialah, Tanaman lembut ini biasanya ditemukan pada daerah tropis, perairan yang tenang di kolam pasang surut atau berpasir, terumbu karang. menempel pada pasir dan patahan-patahan karang. Alga hijau ini adalah tanaman asli Hawaii, dan sangat umum di seluruh dunia. Spesies ini terdapat di Hawaii dengan morfologi yang kecil,  halus dan tumbuh di tempat kecil yang tenang, perairan hangat  dan di terumbu karang.
Tumbuh merambat pada substrat batu atau pasir di berbagai mulai dari pinggir pantai rataan terumbu sampai ke sisi luar terumbu. Jenis ini adalah umum di dapat dan memiliki sebaran tumbuh yang luas di perairan Indonesia. Makroalga ini juga biasanya tumbuh di daerah berpasir dangkal, sering antara terumbu dangkal yang dilindungi, di daerah hutan bakau.

Manfaat               
Ekstrak Caulerpa sertulariodes dan Sargassum tenerrimum bisa digunakan sebagai obat bius dan obat tidur, disamping itu ekstrak Caulerpa sertulariodes dapat memecahkan eter.



Daftar pustaka
Eubank, L.L., 1946. Hawaiian Representatives of the Genus Caulerpa. University of California Publications in Botany, V. 18 : 409-432.
Larned, S.T., 1998. Nitrogen- versus phosphorus-limited growth and sources of nutrients for coral reef macroalgae. Marine Biology, 132: 409-421.
Littler, D.S. and Mark M., 2000. Caribbean Reef Plants. OffShore Graphics, Washington, D.C.
Magruder, W.H, and J.W. Hunt, 1979. Seaweeds of Hawai‘i. Oriental Publishing Company, Honolulu, Hawai‘i.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar